IT VOLUNTEER 2 || DAY KE 1


Assalamu'alaikum Wr Wb

  • Pendahuluan
Kali ini saya akan memposting tentang kegiatan saya pada hari ini. Tanggal 1 Maret 2018. Kami IT Volunteer 2 yang ditugaskan pada desa pandes kecamatan wedi kabupaten Klaten membangun sutau jaringan di balai desa pandes
  • Pengertian
Apa itu IT Volunteer ?
IT Volunteer adalah  Seseorang yang membantu pekerjaan orang lain tentang  IT (Information Technology) Tanpa meminta imbalan apapun. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memcahkan masalah didesa. dan kami IT Volunteer 2 Di tempatkan di desa Pandes Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten.
  • Latar Belakang
Dibentuknya  IT Volunteer yang diberikan tugas di desa Pandes Kecamatan Wedi adalah untuk memecahkan masalah yang terdapat di desa Pandes. Untuk Hari pertama kami Tim IT Volunteer 2 di pandes adalah untuk meginput masalah dari setiap bidang. IT Volunteer 2 terdapat 4 bidang yaitu Bidang Pendidikan, Bidang Kepemudaan, Bidang UMKM, Dan Bidang Pemerintahan.
  • Maksud Dan Tujuan
Menjadikan desa yang lebih baik dari yang sebelumnya. Baik dari SDM maupun Pra-sarana, Terutama pada balai desa yang telah dibuatkan 2 Hotspot.
  •  Pembahasan
Kegiatan yang pertama kami Lakukan di hari pertama adalah menginput masalah dan langsung mengeksekusi masalah tersebut agar kelas.  Pada Pukul 09.00 WIB Kami tim IT Volunteer 2 dalam bidang pendidikan pergi ke Sd Aisyiyah.




Pada saat kami di Sd Aisyah kita mendapat bebrapa masalah yaitu dalam pemasangan jaringan, Di Sd Aisyiyah Pada pemasangan jaringanya dari ISP langsung disebarkan ke tempat di dalam sd yang disebarkan oleh 2 acces point tanpa menggunakan router sehingga data yang lewat tidak stabil dan akan bertabrakan yang mengakibatkan koneksi internet pada sd Aisyiyah menjadi tidak maksimal.



Kami telah menyarankan kepada pihak sekolah untuk memasang Router dalam Pemanasangan jaringan pada sd Aisyiyah. Selain kita mengecek tentang jaringan di Sd Aisyiah kita juga melakukan pendekatan dengan anak-anak yang sedang besekolah di sd tersebut.
Dalam pendekatan dengan anak-anak kami juga menyisipkan pertanyaan-pertanyaan kecil tentang Internet. dan yang kami dapatkan adalah rata-rata anak sd nya sudah mempunyai whatsapp. Dan dalam penggunaannya untuk komunikasi dengan teman-temannya.

Setelah kita selesai menjalankan rencana kita di sd kita tim IT Volunteer 2 dalam bidang pendidikan pindah ke SMP yang satu yayasan dengan SD. Keadaan dalam smp tersebut masih sangat baru dan belum ada koneksi internet. ketika di smp kita dibolehkan oleh guru untuk memberikan materi tentang Interner Sehat.
  • Kesimpulan
Jadi dari 2 sekolah yang saya kunjungi masalah yang terdapat pada kedua sekolah tersebut adalah tentang jaringan dan SDM yang belum bisa memanfaatkan media internet dengan baik. dan Kami tim IT Volunteer 2 telah menyarankan tentang jaringan di sekolah dan telah memberikan pengarahan tentang cara menggunakan Internet dengan sehat dan aman.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.




EmoticonEmoticon