Penjelasan Tentang Apa Itu server


Assalamu'alaikum Wr Wb
  •  Pendahuluan 
hai teman teman kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu server dan berbagai macam ciri ciri server dan penjelasanya
  • Pengertian 
   Server adalah merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Peladen di dukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Peladen juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.
  • Latar belakang
 alhamdulillah kali ini materi saya adalah tentang dasar dasar server dan kali ini saya akan menjelaskan apa itu server dan  ciri cirinya
  • Maksut dan tujuan 
maksutnya kali ini saya belajar tentang apa itu server di dalam server itu sendiri kita itu bisa ngapain di dalam server terus fungsinya server itu untuk apa karena saya belum tahu maka dari itu saya belajar tentang server karena materi saya udah samapi server
  • Waktu yang di butuhkan
sekitar 30 menit
  • Alat dan Bahan
 - laptop
- jaringan
  • Penjelasan
  Server adalah merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Peladen didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Peladen juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Fungsi utama sebuah server adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.

saat ini umumnya server web telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.

Pemanfaatan server saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada praktiknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.

a. Berbasis layanan Server
memberikan sejumlah layanan yang dibutuhkan dan diminta oleh client,antara lain: berbagai pakai berkas, data, peralatan pendukung, dan lain-lain.

b. Sumber daya yang digunakan bersama
Server mengelola sejumlah sumber daya yang dimilikinya agar dapat diaksesdan digunakan secara bersama-sama oleh terminal-terminal client yang terhubung pada server

c. Hubungan dan interaksi client server
Hubungan yang terjadi antara server  dan client  adalah one  - to  -many , yangberarti bahwa satu server  melayani banyak client .Client selalu memulai interaksidengan meminta layanan, sedangkan server  menanti permintaan layanan secarapasif.

d. Client tidak perlu mengetahui lokasi fisik server
Server dapat terletak di berbagai tempat yang belum tentu diketahui oleh client.Walaupun demikian, client tetap dapat mengakses server untuk mendapatkan layanansesuai kebutuhannya.

e. Interoperabilitas perangkat lunak dan perangkat keras
Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan oleh masing-masing client  tidak harus sama dengan yang digunakan padaserver , namun masih dapatsaling terkoneksi antara satu dan yang lain.

f. Pertukaran berbasis pesan
Mekanisme dari Client Server berdasar pada pertukuaran pesan. Pesan yangdipertukarkan ialah permintaan layanan dan umpan balik dari permintaan layanantersebut.

g. Enkapsulasi Layanan
Client tidak perlu mengetahui proses pengolahan permintaan yang terjadidalam server sehingga client tidak dapat mengontrol proses pengolahan permintaan.

h. Skalabilitas
Skalabilitas ialah kemampuan untuk diperbesar atau diperkecil. Ukuran sistem
Client Server dapat diubah secara horizontal maupun vertical. Pengubahan verticalberarti pindah ke server yang lebih besar atau lebih cepat atau mendistribusikan tugasmelayani client  ke beberapa server . Pengubahan horizontal berarti menambah ataumengurangi jumlahclient .

i. Konsistensi data
Data hanya dikelola pada server pusat sehingga konsistensi dan data lebihterjamin dan biaya pemeliharaan pun menjadi lebih murah.

jika ada kesalahan atau penulisan kata saya minta maaf 
  • Hasil yang di harapkan
 tahu tentang apa itu server dan  kegunaan server
  • Referensi
http://shiffatimmy.blogspot.co.id/2012/11/ciri-ciri-client-server.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Peladen
https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web

Wassalamu'alaikum Wr Wb


EmoticonEmoticon