Memblokir situs mengunakan Web Proxsy



 Assalamu'alaikum Wr Wb

  • Pendahuluan
 Hai teman teman kali ini saya praktek tentang memblokir situs mengunakan web proxsy dan di bawah ini saya akan menjelaskan bagai mana langkah langkah nya meblokir situs mengunakan web proxsy
  • Pengertian

Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. Mikrotik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di Internet.


 Fungsi dari proxy secara umum adalah sebagai Caching, Filtering, dan Connection Sharing. Semua fungsi ini dapat anda temui pada Web Proxy Mikrotik. Berikut ini adalah Keuntungan / Manfaat Web Proxy pada Mikrotik :

Caching
Web Proxy Mikrotik dapat melakukan caching content yaitu menyimpan beberapa konten web yang disimpan di memori Mikrotik. Konten tersebut akan digunakan kembali apabila ada permintaan pada konten itu lagi. Misalnya anda membuka Facebook.com, maka file-file pada web tersebut seperti image, script, dll akan disimpan oleh web proxy, sehingga jika lain kali anda membuka Facebook maka tidak perlu konek ke Internet pun halaman itu bisa dibuka dengan mengambil file dari cache proxy. Hal ini dapat menghemat bandwidth Internet dan mempercepat koneksi.

Filtering
Dengan menggunakan Web Proxy anda dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Anda dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat anda lakukan jika hanya menggunakan NAT.

Connection Sharing
Web Proxy meningkatkan level keamanan dari jaringan anda, karena computer user tidak berhubungan langsung dengan web server yang ada di Internet.

Pada posting ini saya akan menjelaskan bagaimana mengkonfigurasi web proxy pada mikrotik router.
  •  Latar belakang
latar belakang saya melakukan konfigurasi ini agar saya bisa mengimplementasikan di sekolah atau di warnet supaya bisa membatasi pengguna untuk tidak mencari hal hal yang yang negatif
  • Maksut dan tujuan

tujuan saya mengkonfigurasi web proxy ini adalah untuk `mencegah pengguna mengkases halaman yang tidak di perbolehkan di web
  • Hasil yang di harapkan
saya ingin melakukan konfigurasi ini secara benar dan saya dapat memblokir situs untuk hal hal yang kurang sopan / berdampak negatif
  • Alat dan bahan 
 - laptop
- kabel utp
- mikrotik
  •  Waktu yang di butuhkan
skitar 15 menit
  • Tahapan pelaksanaan 
 1. kita pastikan situs yang akan kita blok itu bisa di bukak/ di aksess kali ini saya akan memblokir situs www.lazada.com 





2. dan setelah itu kita masuk ke winebox terlebih dahulu
    kemudian masuk ke Ip -> web proxsy kemudian beri tanda centang pada Enabel dan Cache on disk terlebih dahulu kemudian masuk ke acsess


 3. kemudian kita add pada ( + ) web proxsy acess untuk menambahkan


 4. kemudian kita masukan port dan situs yang akan kita blokir
    pada Dst.port kita masukan port nya yaitu 80
    lalau masukan situs yang akan kita blokir www.lazada.com
    lalu kita kita ubah ke deny
    lalu kita alihkan situs yang kita blokir dan saya ini masukan ke blog  
    saya zainiplonto.blogspot.com  itu maksutnya jika saya aksess lazada  nantinya    saya arahkan ke blog saya  apply, ok

                    
5.  lalu kita masuk ke Ip ->  fairwal  lalu kita add ( + ) pada nat


6. lalu kita  ubah pada Chain kita ubah ke dstnat, dan pada protocol kita ganti
    6 (tcp) lalu pada dst port maukan 80
7. lalu pada action kita ubah menjadi redirect dan pad to port kita masukan 8080 lalu apply ok



8. lalu kita coba masuk ke browser dengan masukan situs yang kita blokir tadi


9. dan kita lihat hasilnya tadi situs yang kita blokir itu saya arahkan ke blog saya dan ini adalah hasilnya

 selesai
jika ada kesalahan atau saat menjelaskan atau saat penulisan saya minta maaf
  • Temuan masalah 
 1. jika kita memblokir situs yang format nya Http itu tidak bisa jika anda tau caranya silahkan komen nanti saya coba
  • Referensi
 https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2014/02/memblokir-situs-menggunakan-web-proxy-mikrotik.html


Wassalamu'alaikum Wr Wb


EmoticonEmoticon