Konfigurasi Keamanan Pada MikroTik


Assalamu'alaikum Wr Wb

  • Pendahulauan 
 hai teman teman kali ini saya mengkonfigurasi keamanan MikroTik karena ini dasar agar saat kita konfigurasi kita aman dan nyaman tidak takut jika saat kita konfigurasi tidak ada yang menggangu kita
  • Pengertian

Dalam melakukan konfigurasi router mikrotik untuk jaringan yang kita miliki, hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan adalah mengenai keamanan router. Sebagai Admin jaringan jangan sampai lupa untuk melakukan proteksi atau mengamankan router dari pihak pihak luar yang tidak bertanggung jawab.
  • Latar belakang 
pada saat konfigurasi saya pernah Router Bord saya di heck oleh orang lain yang tidak bertangung jawab maka dari itu saya ingin mengamankan mikrotik saya pada saat saya sedang konfigurasi
  •  Maksut  dan tujuan 
Meningkatkan keamanan pada saat mengkonfigurasi
  • Alat yang di butuhkan 
  *  laptop
  *  MikroTik
  *  Kabel Utp
  • Waktu yang di butuhkan 
sekitar 15 menit
  • Tahapan pelaksanaan 

1. pertama kita masuk winebox
    setelah itu kita masuk ke menu system pilih identity
    kenapa kita masuk ke menu identity untuk memberi nama Roterboard kita


2. lalu kita masuk ke menu system lagi kita pilih user
    pada user kita add ( + ) tambah usernya


3. kita tambah user nya  pada group kita ubah yang asalnya read menjadi full kenapa kita memberikan full karena kita bisa mengaksess dan bisa mengkonfigurasinya jangan lupa masukan paswoardnya



4. terus pada admin yang asalnya full kita ubah pada menu group kita ubah menjadi read aplly ok


5. terus kita disconect kita coba login mengunakan admin tanpa paswoard
bisa login tapi itu cuma kita bisa lihat doang tidak bisa merubah sama sekali kenapa karena pada usenya tadi menunya kita ubah menjadi read






6. kita coba login mengunakan user yang kita buat tadi dan kita masukan paswoard nya
itu kita bisa login dan kita mempunyai hak yang luas karena pada usernya modenya kita ubah ke mode full






minta maafjika ada kesalahan dan penjelasan pada saat konfigurasi saya minta maaf


  • Hasil yang saya dapatkan 
saya bisa mengkonfigurasi secara nyaman dan aman karena sudah saya  amankan MikroTik saya
  • Referensi
E-Book MTCNA 2012 BLC Telkom Klaten
 
Wassalamu'alaikum Wr Wb 


EmoticonEmoticon