Penjelasan Tentang debian


Assalamu'alaikum Wr Wb

A. Pengertian :

 Debian server adalah sistem operasi berbasis open source yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programmer sukarelawan yang ingin mengembangkan debian. System perasi debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel linux, sehingga lebih suka disebut dengan nama DEBIAN GNU/LINUX. System operasi ini yang menggunakan kernel linux yang merupakan salah satu distro linux yang populer dengan kestabilannya. Rata-rata distro turunan dari debian adalah yang paling banyak digunakan di dunia. Contoh seperti: Ubuntu, Linux mint, dan bactrack.

Debian pertama kali diperkenalkan oleh lan Murdock seorang mahasiswa dari Universitas Purdue Amerika Serikat, pada tanggal 16 agustus 1993. Nama debian sendiri adalah singkatan, yang berasal dari kombinasi nama lan Murdock (pembuat debian) dengan mantan kekasih Debra Lynn dan kemudian disingkat menjadi kata "DEBIAN"

FUNGSI DEBIAN

Fungsinya bisa sebagai server jaringan atau pengatur proses jaringan seperti router, repeater, dan yang lainnya selain itu (operating system) os debian juga terkenal dengan kesetabilannya dibanding dengan distro linux yang lainnya os debian lebih stabil , jadi kita bisa memakai atau memaksimalkannya dengan PC atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah. Os debian juga berfungsi untuk Troubleshooting dalam arti bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari network/jaringan.



B. Latar belakang :

 Salah satu produk Open Source yang sekarang sedang berkembang pesat adalah linux, secara teknik Linux adalah suatu sistem operasi bertipe Unix yang bersifat multi user dan multi tasking yang dapat berjalan pada semua platform.

C. Maksud dan tujuan :

Tujuan debian server, sesuai dengan namanya sebagai server jaringan ntah itu sebagai web server, mai server NTP server dan yang lainnya yang berhubungan dengan server dan jaringan atau pengatur proses jaringan seperti Router, repeater dan yang lainnya. Selain itu debian terkenal dengan kestabilannya dibanding distro lainnya jadi kita bisa memakai atau memaksimalkannya dengan pc atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah. OS Debian juga berfungsi untuk trouble shooting dalam arti bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari network/jaringan.

D. Alat Dan Bahan :

     - Laptop
     - Modul Referensi

E. Jangka Waktu :

     Luangkan waktu membaca dasar - dasar debian server lebih dalam.

F. Kelebihan Debian

Beberapa kelebihan dari system operasi debian antara lain sebagai berikut:
- Free Software, artinya dapat mengambil/ menyalin source program Linux tanpa dikenai biaya dan dapat memperbanyak, memodifikasi serta menyebarluaskan secara bebas
- Open Source, artinya semua listing program dari source code sistem operasi tersebut dapat dilihat dandimodifikasi tanpa adanya larangan dari siapapun
- Kestabilan program yang telah teruji, sistem tidak mudah mengalami hang, walaupun telah menjalankan program secara terus menerus dalam kurun waktu yang relatif lama yaitu lebih dari satu bulan, dengan tanpa harus melakukan restart.
- Debian Linux merupakan sistem operasi cross platform yang dapat dijalankan pada hampir semua jenis/tipe komputer yang ada saat ini.
- mudah dipelihara
- sangat stabil
- jarang down kecuali:
o kerusakan perangkat keras
o update kernel
o mati listrik
Dapat dijabarkan disini untuk kebutuhan spesifikasi perangkat kerasnya, Debian Linux mendukung hampir semua jenis/ tipe komputer, yaitu mulai generasi processor sekelas intel 80386, 80486, sampai Pentium dengan berbagai klasnya. Sedangkan kapasitas hardisk yang dibutuhkan untuk menginstalasi Debian Linux pada server minimal 1,6 GB dan untuk client atau workstation membutuhkan space minimal 600 MB.
Untuk mendukung paparan tersebut, pada September 2005 yang lalu telah dilakukan percobaan penerapan instalasiserver pada komputer desktop dengan spesifikasi :
• Processor : Intel Pentium 4.3.06 Ghz
• Memori : DDR 256 PC 3200
• Hardisk : Seagate 80 GB
• Graphics : Intel On board
• OS : Debian 3.1. Sarge
• Webserver : Apache 2.1
• DBMS : PostgreSQL 8.1
• Lainnya : PHP 4.3, PostgreSQL management tool

G. Kelemahan Debian

Terlepas dari beberapa kelebihannya yaitu seperti yang disebutkan diatas, system operasi debian memiliki beberapa kelemahan, yaitu sebagai berikut :
- Yang jadi kelemahan debian bagi user adalah versi software yang dipakai, biasanya versi yang dipakai debian lebih tua dari yang sudah rilis saat itu
- Sangat sulit memasukkan software versi terbaru kedalam distronya, sebelum benar benar teruji dari sisi keamanannya ataupun kestabilannya.
- Sulit dikonfigurasi pada saat install pertama kali
- Perlu repositori besar (40-60 GB )
- Perioda rilis yang konservatif

H. Kesimpulan :

  Pendalaman materi Debian Server sangat penting, jadi kesimpulanya sebelum ketahap selanjutnya harus paham sampe inti dan maksud kegunaan debian server.

jika ada kesalahan saat menjelaskan atau penjelasanya kurang lengkap saya minta maaf

F.Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Debian

Wassalamu'alaikum Wr Wb



EmoticonEmoticon